Resep Mudah Membuat Keripik Bawang Renyah dan Gurih

Oktober 19, 2018
Resep Mudah Membuat Keripik Bawang Renyah dan Gurih – Pasti semua telah mengatahui manfaat besar dari resep keripik bawang yang selain menjadi teman asyik untuk bersantap juga memiliki manfaat yang besar bagi tubuh. Aroma yang khas dari keripik bawang juga sangat digemari oleh banyak orang dan tidak jarang diperjualbelikan di sejumlah toko. Keripik ini bisa menjadi alternatif dari anda yang ingin menyajikan camilan ataupun teman untuk menu makanan sehari-hari. Adanya tekstur bawang pada keripik, juga menjadi daya tarik tersendiri dari keripik bawang ini. Berikut beberapa bahan beserta cara pembuatan keripik bawang yang bisa anda buat sendiri di rumah.



Bahan-Bahan :

  • Tepung terigu sebanyak 1 kilogram, gunakan tepung jenis protein tengah
  • Mentega sebanyak 200 gram
  • Garam secukupnya
  • Telur ayam sebanyak 2 buah, kocok lepas
  • Bawang bombai sebanyak 1 buah, potong halus
  • Minyak sebanyak 1 liter
  • Bawang putih halus sebanyak 2 sdm
  • Air mineral sebanyak 200 ml


Langkah-langkah untuk membuat Keripik Bawang :
Anda perlu membuat adonannya dulu dengan mencampurkan bawang putih, tepung terigu, bombay dan air mineral lalu mengaduknya sampai bahan tercampur rata. Sisihkan sementara adonan.
Kemudian, panaskan mentega di atas kompor dengan memakai api sedang sampai semua bagian mentega menajdi meleleh. Setelah meleleh, masukkan mentega dalam adonan kripik yang anda sisihkan tadi. Tuangkan perlahan-lahan sambil diaduk-aduk sampai semua bahan tercampur keseluruhan. Usahakan agar tidak ada gumpalan tepung ataupun gelembung yang ada dalam adonan.
Setelah adonan telah tercampur rata, maka adonan kini berbentuk lebih padat tapi tetap elastis. Dalam keadaan ini, segera ambil sejumlah adonan lalu masukkan dalam mesin penipis adonan atau anda bisa juga memakai rolling pin guna memipihkan adonan sesuai dengan keinginan anda.
Setelah adonan sudah cukup tipis, bentuk adonan sesuai dengan selera anda. Anda bisa membentuknya menjadi kotak, bulat ataupun menggunakan cetakan kue sesuai dengan selera anda.
Selanjutnya, siapkan minyak goreng dengan api sedang. Pastikan minyak goreng dapat menutupi semua bagian adonan keripik bawang yang akan digoreng. Setelah minyak panas, masukkan keripik yang telah dicetak tadi lalu goreng sampai adonan menjadi sangat kering, kemudian tiriskan.
Demikianlah resep mudah membuat keripik bawang yang pastinya mudah untuk anda buat sendiri di rumah. Selain dijadikan sebagai makanan pendamping makanan utama, keripik bawang ini bisa juga dijadikan cemilan untuk menemani acara televisi favorit keluarga anda. Sebab itulah, tidak ada salahnya jika anda membuat resep keripik bawang yang lezat dan nikmat ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.





Comments