Resep Mudah Membuat Brownies Tempe Kukus Enak

Juli 14, 2018
Resep Mudah Membuat Brownies Tempe Kukus Enak - Brownies adalah cake atau olahan dari coklat pekat dengan penggunaan sedikit tepung sehingga hasilnya sangat padat tetapi lembut juga legit.  Brownies enak disajikan saat acara-acara istimewa seperti saat berkumpul bersama keluarga tercinta misalnya. Tempe adalah sebuah makanan khas dari Indonesia yang terbuat dari Kedelai, tempe mempunyai banyak manfaat salah satunya ialah kandungan gizi tempe yang cukup besar.

Apa jadinya ya, jika kedua menu ini yaitu tempe dan brownies dijadikan satu?  Tentu rasanya akan semakin nikmat dan sedap. Untuk mengobati rasa penasaran anda, mimin sudah menghadirkan Resep Mudah Brownies Tempe yang bisa anda coba di rumah.  Untuk menghasilkan brownies tempe yang baik, pemilihan tepung dan tempe harus anda perhatikan dengan sesama.

Bahan yang dibutuhkan :
  1. Telur ayam sebanyak 3 butir
  2. Mentega sebanyak 150 gram, lelehkan
  3. Gula pasir sebanyak 150 gram
  4. Tempe siapkan sebanyak 300 gram
  5. Tepung terigu sebanyak 100 gram
  6. Dark cooking coklat sebanyak 100 gram, lelehkan
  7. Baking powder sebanyak ½ sdt


Langkah - langkah  membuat Brownies Tempe Kukus Enak
Pertama yang harus kita lakukan adalah mengolah tempenya terlebih dahulu. Ambil tempe yang akan kita gunakan kemudian potong-potong. Setelah itu kukus tempe tersebut sampai lembut dan halus, jika sudah angkat dan biarkan hingga dingin.
Haluskan tempe yang sudah dikukus tadi menggunakan garpu. Namun jika anda suka teksturnya yang lebih halus anda bisa menggunakan blender atau chopper, sisihkan.
Ambil wahadah bersih kemudian masukan bahan-bahan seperti telur ayam serta gula pasir kemudian kocok sampai mengembang dan lembut. Anda bisa menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi selama 15-20 menit.
Tambahkan tempe yang sudah dihaluskan tadi ke dalam kocokan telur dan gula sambil terus dimixer sebelumnya.
Masukan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan hingga membentuk adonan yang rata dan halus, matikan mixer.
Tuangkan mentega cair, baking powder dan juga dark chocolate. Aduk-aduk rata menggunakan spatula saja sampai semua adonan tercampur rata.
Tuangkan pada loyang yang sudah diolesi mentega, kemudian kukus pada kukusan yang sudah dipanaskan kemudian kukus hingga matang. Proses pematangan biasanya berlangsung selama 25-30 menit, jika sudah, angkat biarkan dingin kemudian potong dan sajikan bersama keluarga tercinta.


Pastikan juga untuk menggunakan tepung berprotein agar hasil cake akan sempurna. Hal-hal yang tidak boleh anda lupakan saat memanaskan oven yang akan digunakan terlebih dahulu agar hasil kue tidak kembang kempis dan enak dipandang. Hal lain yang sering disepelekan adalah mengoleskan mentega atau margarin ke loyang padahalitu sngat penting skali.  Selain untuk membuat kue tidak lengket, hal ini juga untuk memudahkan prose pelepasan kue saat matang nantinya.

Comments