Resep Mudah Membuat Es Teler Panaikang Makasar Asli

Juli 14, 2018
Resep Mudah Membuat Es Teler Panaikang Makasar Asli - Makasar memiliki menu  kuliner yang enak dan tentu sangat nikmat sekali untuk kita santap.  Tidak heran jika saat datang ke daerah ini, banyak sekali turis domestik maupun internasional yang enggan meninggalkan makasar karena sudah dimanjakan oleh sajian kulinernya. Tidak hanya sajian yang berat dan mengenyangkan tetapi juga selain ringan nan menegarkan seperti es misalnya.

Di makasar ada jenis es yang pastinya selau ditunggu-tunggu yaitu es teler makasar.  Bagi anda yang belum pernah mencobanya tidak peru khawatir, karena anda bisa mengolahnya sendiri di rumah. Caranya hanya dengan mengikuti cara membuat serta Resep Es Teler Makasar yang sudah kami hadirkan untuk anda. Pengguaan bahan-bahan tentu harus segar, karena jika buah atau bahan yang anda gunakan sudah layu tentu saja rasa dari es teler ini akan menjadi kurang nikmat.

Bahan yang dibutuhkan :
  1. Tepung Sagu Mutiara kering sebanyak 50 gram
  2. Gula Merah sebanyak 100 gram, cairkan
  3. Susu Kental Manis putih secukupnya
  4. Pepaya matang berukuran kecil sebanyak ½ buah
  5. Alpukat matang sebanyak 2 buah
  6. Es Batu secukupnya


Bahan kacang besto :
  1. Gula merah sebanyak 50 gram, sisir halus
  2. Kacang tanah sebanyak 100 gram
  3. Air bersih secukupnya


Langkah - langkah membuat Es Teler Panaikang Makasar
Pertama kita olah dahulu kacang tanahnya menjadi kacang besto dan pastikan anda mencucinya terlebih dahulu. Kacang besto adalah kacang yang dimasak dengan proses karamelisasi sehingga menghasilkan kacang yang empuk dan memiliki rasa manis dan sedap.
Tuangkan air secukupnya sampai kacang tanah terendam. Tambahkan juga gula merah yang sudah disisir halus ke dalamnya kemudian masak menggunakan api sedang sampai kacang menjadi empuk dan gula larut.  Waktu yang anda perlukan kira-kira 30-45 menit.
Ambil buah-buahan kemudian potong sesuai selera.
Siapkan mangkuk kemudian masukan sagu mutiara kering ke dalamnya. Tuang air panas hingga sagu terendam kemudian biarkan hingga sagu mutiara mengembang sekitar 10-15 menit.   Lalu, tiriskan sagu mutiara dari air dan sisihkan sejenak.
Ambil gelas saji atau mangkuk saji kemudian masukan bahan-bahan seperti buah pepaya dan alpukat.
Tambahkan juga sagu mutiara serta kacang besto serta air gula tadi hingga ½ penuh.
Masukan es serut hingga penuh. Tuangkan gula merah cair tadi serta susu kental manis.  Es teler makasar siap untuk dihidangkan.


Pastikan juga anda sudah menyiapkan bahan hingga tidak ada yang kurang. Anda bisa berkreasi dengan bentuk potongan buah yang anda, misalnya ingin membuat semua buah berbentuk kotak, atau berbentuk bulatan saja. Sebagai sumber dingin, anda bisa menggunakan es sertu atau es batu yang sudah dipecahkan menjadi ukuran yang lebih kecil, selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Comments