Resep Mudah Membuat Choi Pan Khas Pontianak Enak Sederhana

Juli 21, 2018
Resep Mudah Membuat Choi Pan Khas Pontianak Enak Sederhana – Cemilan merupakan makanan wajib yang harus dihidangkan disaat waktu berkumpul bersama secara santai. Sepertinya kurang sempurna jika tidak ada yang namanya cemilan. Cemilan bisa sesuai dengan selera anda baik itu makanan basah atau makanan ringan. Ketika bosan dengan cemilan, anda bisa menghadirkan makanan cemilan baru. Kebetulan siang kali ini kami akan berbagi resep cemilan khas Pontianak yang begitu terkenal yakni Choi pan.

Choi pan, namanya mirip ke bahasa china, namun makanan ini adalah makanan asli khas Pontianak. Untuk masyarakat Pontianak makanan ini memiliki rasa yang begitu enak serta lezat ketika dimakan. Anda yang suka ngemil jangan sampai melewatkan untuk makanan ini. Cemilan ini cocok sekali dihadirkan disaat musim hujan ataupun dingin seperti ini karena choi pan dapat menghangatkan tubuh anda. Anda bisa menyajikan choi pan ini sebagai jamuan disaat ada tamu yang berkunjung kerumah anda. penasarankan dengan caranya? Yukk.. segera pergi kedapur dan ikuti resepnya dibawah ini.

Bahan untuk kulit :
  1. Minyak sayur sebanyak ½ sdm
  2. Garam sebanyak ¼ sdt
  3. Tepung beras sebanyak 200 gr
  4. Tepung sagu sebanyak 30 gr
  5. Air sebanyak 400 ml



Bahan isi choi pan :
  • Lada bubuk sebanyak ¼ sdt
  • Gula pasir sebanyak ½ sdt
  • Ebi sebanyak 25 gr, rajang halus
  • Bengkuang sebanyak 250 gr, potong kecil panjang
  • Bawaang putih sebanyak 5 btr, rajang halus
  • Minyak sebanyak 2 sdm
  • Garam sebanyak ½ sdt


Bahan untuk saus :
  1. Cuka sebanyak 2 sdm
  2. Air sebanyak 250 ml
  3. Bawang putih sebanyak 2 btr, lembutkan
  4. Cabai merah sebanyak 50 gr, keluarkan bijinya, lembutkan
  5. Garam sebanyak 1 sdt



Proses membuatnya :
Membuat kulit : Sediakan panci kemudian masukan semua bahan kulit kedalam panci, masak sambil diaduk hingga teksturnya kental dan mudah ketika dibentuk, angkat lalu dinginkan.

Membuat saus : aduk semua bahan saus hingga tercampur rata.
Sediakan panci untuk mengukus lalu tuangkan air dan masak hingga matang, ambil adonan kulit sedikit saja, kemudian masukan bahan isi bentuk adonan seperti bentuk pastel atau sesuai keinginan, lakukan hingga adonan habis.

Membuat bahan isi : Siapkan penggorengan lalu panaskan minyak dan tumis irisan bawang putih hingga aromanya tercium sedap, tambahkan semua bahan isi, sambil diaduk hingga matang. Angkat

Jika adonan sudah dibentuk semua masukan adonan kedalam kukusan, kukus hingga matang atau selama limas belas menitan. Angkat
Choi pan yang lezat khas Pontianak siap untuk disajikan
Demikian resep choi pan khas Pontianak, silahkan anda bisa coba resep diatas dengan benar. Selamat mencoba ^_^

Comments