Resep Mudah Membuat Endog Lewo Khas Garut Enak dan Renyah

Juli 21, 2018
Resep Mudah Membuat Endog Lewo Khas Garut Enak dan Renyah – Endog lewo merupakan makanan cemilan renyah yang dipadu dengan rasa gurih khas garut ini sangatlah enak untuk disantap. Untuk masyarakat sendiri garut endog lewo sudah tidak asing lagi, karena mereka sering menemukan makanan cemilan ini disekitar merekan. Jika anda sedang berpergian dan melewati kota garut, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas garut ya terutama endog lewo. Sebagian masyarakat yang lain menyebut endog lewo dengan sebutan emplod yang berarti telur. Bentuknya sama dengan telur puyuh bulat, mungil dan kecil. Cemilan ini semakin enak jika dinikmati dengan makanan berkuah dan pedas seperti cuanki, mie ayam, bakso,  dan lain sebagainya.

Perpaduan kuah, rasa pedas serta kriuk-kriuknya dapat membuat selera makan anda semakin lahap. Endog lewo bisa juga dijadikan makanan cemilan ketika anda sedang ngobrol santai bersama teman atau sahabat anda. Pasti anda ingin menikmati endog lewo namun anda tak ada waktu untuk berkunjung ke kota garut atau karena jaraknya yang jauh. Jangan khawatir, anda bisa membuatnya sendiri kok dirumah anda. Kebetulan siang kali ini kami akan membagikan resep tentang cara membuat enog lewo. Bagaimana caranya?? Yukk.. simak resepnya dibawah ini.


Bahan-bahan yang digunakan :
  1. Garam sebanyak 1 sendok teh
  2. Minyak goreng sesuaikan
  3. Kelapa parut sebanyak 1 butir
  4. Singkong sebanyak ½ kg
  5. Daun bawang sebanyak 1 tangkai



Tata cara membuatnya :
Jika semua bahan-bahan sudah di sediakan, ambil singkong dan kukus dulu bersama kelapa yang sudah anda parut hingga matang. Angkat kemudian haluskan singkong dengan menggunakan cara yang manual yaitu di tumbuk.
Sediakan wadah untuk membuat adonan, masukan bahan garam, daun bawang, aduk sampai merata. Masukan singkong yang sudah di haluskan kedalam bumbu, aduk rata lalu buat adonan pipih dan bentuk jadi bulat. Lakukan sampai adonannya habis
Siapkan penggorengan kemudian panaskan minyak dan goreng bulatan endog lewo sampai matang dengan api yang sedang saja. Angakta lalu tiriskan
Sajikan ke piring dan endog lewo siap untuk dinikmati.
Diamkan hingga minyaknya turun, setelah itu anda bisa memasukannya kedalam keler atau toples yang kedap terhadap udara. Selamat mencoba!

Comments