Resep Mudah Membuat Roti Maryam Empuk Lembut dan Enak

Resep Mudah Membuat Roti Maryam Empuk Lembut dan Enak - Sama seperti roti canai, roti maryam juga bukan menjadi resep yang berasal dari indonesia. Tetapi tidak ada salahnya jika kita ikut untuk mencoba makanan lain yang berasal dari luar negeri untuk memperkaya pengetahuan kita tentang resep-resep mancanegara. Kali ini kita akan membahas tentang roti maryam. Roti maryam dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan susu, air atau mentega kemudian dimasak dan dimatangkan dengan cara dipanggang atau di bakar.

Untuk teksturnya sendiri roti maryam akan sangat lembut.  Tidak hanya cocok disajikan dengan kuah kari daging yang gurih serta remah tetapi roti maryam ini juga bisa disajikan dengan macam-macam toping manis seperti coklat atau selai buah. Berikut adalah Resep Roti Maryam yang bisa anda praktikan sendiri di rumah. Cara membuatnya juga sangat mudah, bahan serta takaran resepnya juga sudah kami tuliskan sehingga anda akan mudah membuat sendiri di rumah.


Bahan yang dibutuhkan:

  • Terigu protein tinggi sebanyak 1 kg
  • Garam halus secukupnya
  • Susu bubuk sebanyak 4 sdm
  • Kuning telur sebanyak 2 butir
  • Telur sebanyak 2 butir
  • Air hangat  sebanyak 450 ml
  • Minyak goreng sebanyak 175 ml

Cara mudah membuat Roti Maryam

  1. Mula-mula ambil wadah bersih seperti mangkuk atau baskom kemudian masukan bahan yaitu minyak goreng, telur ayam dan juga air bersih. Aduk-aduk bahan tersebut hingga rata, anda bisa menggunakan wisk ataupun mixer.
  2. Masukan juga bahan-bahan kering yaitu tepung terigu protein tinggi, garam serta susu bubuk sedikit demi sedikit. Matikan mixer dan gunakan tangan untuk mencampur serta menguleni semua bahan-bahan tersebut hingga menjadi adonan yang kalis.
  3. Ambil adonan tersebut dan bagilah menjadi beberapa bagian yang sama besarnya kemudian bulat-bulatkan. Ambil minyak dan olesi permukaan adonan tersebut dengan minyak goreng bersih.
  4. Letakan adonan dalam wadah bersih dan tutup dengan serbet bersih kemudian sisihkan selama 1 jam.
  5. Jika sudah ambil 1 adonan dan bentuk memanjang, kemudian gulung berbentuk kerucut dan lakukan hingga semua adonan habis.
  6. Giling lagi hingga berbentuk seperti lingkaran obat nyamuk yang cuku tipis kemudian istirahatkan kembali selama 10 menit.
  7. Terakhir ambil teflon atau wajan anti lengket kemudian tuang sedikit minyak dan panaskan dengan api kecil. Letakan adonan diatasnya dan masak hingga matang. Roti maryam siap untuk disajikan.

Sebaiknya tidak menambahkan atau mengurangi takaran air karena hal itu akan membuat roti menjadi terlalu keras atau bahkan terlau lunak. Seperti resep roti lainya, bahwa penting untuk memilih tepung terigu yang akan digunakan.  Memastikan bahwa tepung tidak berbau adalah cara yang tepat untuk membuat roti maryam in menjadi hidangan sempurna.  Satu lagi yang bisa anda perhatikan adalah pemilihan tepung berprotein tinggi agar roti bisa mengembang dengan sempurna.

Comments