Resep Mudah Membuat Roti Canai Khas Riau Asli Enak

Resep Mudah Membuat Roti Canai Khas Riau Asli Enak - Roti canai memang bukan menjadi makanan yang berasal dari indonesia. Tapi roti canai memiliki versi khas dari Melayu Riau. Roti canai ini sangat cocok jika disantap sebagai makanan unik dan istimewa. Roti canai biasanya disajikan dengan kari daging atau selai. Namun kadang juga disajikan dengan tambahkan bahan lain seperti selai atau lelehan coklat.

Jika anda ingin mencoba lezatnya roti canai khas melayu riau ini, tidak usah jauh-jauh pergi keluar rumah, karena anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini resep roti canai khas riau yang bisa anda praktikan sendiri di rumah. Langsung saja berikut bahan dan cara mudah membuat Roti Canai Khas melayu Riau yang dijamin asli enak.



Bahan yang dibutuhkan :

  • Tepung terigu protein tinggi sebanyak 350 gram
  • Garam halus sebanyak 1 sdm
  • Air hangat sebanyak 200 ml
  • Margarin sebanyak 250 gram, lelehkan

Cara mudah membuat Roti Canai Khas Riau Asli Enak :

  1. Ambil mangkuk besar kemudian masukan bahan seperti tepung terigu, garam halus dan air hangat. Aduk-aduk bahan-bahan tersebut sampai semua bahan rata dan membentuk adonan yang cuku kental.
  2. Masukan mentega yang sudah di lelehkan sebelumnya ke dalam wadah tepung tadi sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk. Anda bisa menguleninya sampai adonan tersebut elastis dan kalis atau tidak lengket di tangan.
  3. Jika sudah ambil adonan tadi dan bagi-bagi menjadi 20 bagian adonan yang beratnya sama, bentuk bulatan dan tata rapi.
  4. Tutup adonan yang sudah dibulatkan tadi dengan serbet bersih yang lembab selama 20-30 menit.
  5. Ambil satu bagian adonan kemudian giling menggunakan rolling pan hingga tebal adonan sekitar ½ cm. lakukan sampai semua bahan habis dan sisihkan.
  6. Ambil wajan anti lengket atau teflon dan tambahkan sedikit mentega atau minyak bersih. Panaskan dengan api kecil sana dan biarkan hingga 2-3 menit.
  7. Masak adonan sampai matang berwarna kuning kecokelatan. Jangan lupa untuk membaliknya agar semua bagian matang merata.  Lakukan sampai semua adonan habis dan roti canai siap untuk disajikan.

Sebenarnya roti canai biasanya dibuat dengan menggunakan oven dari tanah liat, tetapi semakin sulit menemukanya dan tidak semua dari kita memilikinya. Oleh karena itu digantilah dengan penggunaan teflon atau wajan anti lengket yang lebih mudah untuk didapatkan dan fungsinya sama yaitu untuk mematangkan roti canai agar siap dihidangkan.

Comments