Resep Mudah Membuat Keripik Tempe Renyah dan Enak

Resep Mudah Membuat Keripik Tempe Renyah dan Enak - Tempe adalah olahan khas Indonesia yang dibuat dari kedelai yang sudah difermentasikan dengan ragi sehingga teksturnya lebih empuk dan padat. Tidak hanya itu, kandungan protein, enzim serta senyawa di dalam tempe juga menjadi lebih mudah dicerna oleh tubuh. Karenanya gizi serta nutrisi di dalam tempe tidak bisa dipandang sebelah mata karena nilainya setara dengan daging. Kelebihan lain dari tempe adalah harga tempe yang cukup terjangkau sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Banyak cara mengolah tempe. Namun cara yang paling mudah adalah digoreng. Selain itu, ada juga cara lain yaitu membuatnya menjadi sajian berupa cemilan yang enak dan garing seperti keripik tempe. Resep Keripik Tempe dibawah ini sudah kami hadirkan untuk anda, lengkap dengan langkah pembuatan dan takaran bahan.


Bahan membuat tempe kedelai :

  • Kedelai putih sebanyak 1 kg
  • Ragi sebanyak 1 sdt
  • Tepung sagu/tapioka sebanyak  1 kg

Bahan pencelup keripik : 

  • Tepung beras sebanyak 20 gram
  • Bawang putih sebanyak 5 siung, haluskan
  • Kencur sebanyak 2 ruas, haluskan
  • Kemiri sebanyak 5 butir, haluskan
  • Daun jeruk sebanyak 2 lembar, buang tulang daunya dan iris halus
  • Ketumbar bubuk sebanyak 1 sdt
  • Kaldu bubuk sebanyak 1 sdm
  • Garam halus secukupnya
  • Air bersih sebanyak 1 liter

Cara mudah membuat Keripik Tempe Renyah

  1. Langkah pertama kita persiapkan terlebih dahulu kedelai yang akan kita gunakan. Cuci bersih kedelai hingga 3 kali untuk menghilangkan debu atau kotak yang menempel di dalamnya. Sebaiknya mencuci kedelai di air yang mengalir agar koran atau debunya tidak mengendap.  Jika sudah segera tiriskan di wadah bersih.
  2. Ambil panci yang berukuran cukup besar kemudian masukan kacang kedelai bersih ka dalamnya. Tuangkan air sampai kacang kedelai terendam.
  3. Panaskan acang kedelai tersebut dengan api sedang sampai kacang kedelai cukup empuk. Waktu yang anda butuhkan kira-kira 40-60 menit.  Pastikan bahwa anda sudah cukup lama merebus kedelai agar teksturnya tetap empuk.  Jika sudah segera tiriskan air rebusan kedelai tadi.
  4. Masukan kembali kacang kedelai rebus dalam panci yang sudah kosong tadi dan masukan kembali air sampai kacang kedelai terendam. Biarkan hingga 12 jam hingga kacang kedelai cukup lunak.
  5. Jika sudah, cuci kembali kedelai hingga kulit airnya terbuang. Jika sudah kukus kacang kedelai hingga 15 menit kemudian angin-anginkan.
  6. Campurkan kacang kedelai tadi dengan ragi dan masuk ke dalam plastik panjang, ikat kemudian beri beberapa luang tusukan di bagian plastiknya dan barkan hingga fermentasi berjalan baik sekitar 1-2 hari
  7. Siapkan wadah dan masukan semua bahan celupan ke dalamnya dan aduk-aduk hingga rata dan tercampur dengan sempurna.
  8. Jika sudah jadi, potong-potong tipis tempe tersebut dan beri bumbu celupan.
  9. Panaskan wajan yang sudah diisi minyak dengan goreng tempe tadi. Aduk-aduk dan masak hingga matang dan garing, tiriskan dan keripik tempe siap untuk disajikan.

Tips : cucilah tempe hingga benar-benar bersih dan jangan luap untuk merendam kacang kedelai agar lebih lunak dan lebih mudah untuk membersihkan kulit arinya. Sebaiknya tidak menggunakan ragi terlalu banyak atau terlalu sedikit. Jika terlalu sedikit tempe tidak akan jadi. Tetapi jika terlalu banyak keripik tempe akan pahit dan getir saat dimakan. Simpan tempe sesuai dengan waktunya agar tempe bisa keras dan mudah saat akan dipotong.

Comments