Resep Mudah Membuat Ketan Durian Enak Legit Sederhana

Juli 16, 2018
Resep Mudah Membuat Ketan Durian Enak Legit Sederhana – Baunya yang khas dan dagingnya yang nikmat menjadi alasan kenapa Durian mendapat julukan sebagai raja buah selalu saja nikmat untuk disantap.  Tidak hanya dimakan langsung tetapi juga boleh diolah dengan bahan-bahan lain. Kelezatan buah berduri ini selalu saja jadi primadona.  Tidak heran jika saat musim durian tiba, banyak orang yang berebut untuk mendapatkannya.

Jika anda membeli buah durian atau sekarang memiliki stok buah durian di rumah sendiri, jangan hanya dimakan langsung, tetapi kombinasikanlah dengan bahan makan lain sehingga rasanya semakin enak. Bagaimana kalau anda mencoba olahan lain yaitu ketan durian.  Gurih serta lezatnya ketan yang dimasak dengan santan pasti sangat sempurna jika disantap dengan durian manis yang legit. Ketan durian merupakan cemilan tradisional yang makin langka, tetapi anda bisa menbuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti Resep Mudah Membuat Ketan Durian di bawah ini.
Bahan :

Garam halus secukupnya
Daun pandan segar sebanyak 3 lembar, ikat simpul
Beras ketan putih sebanyak 250 gram
Santan kelapa sebanyak 250 ml, dari ½ butir kelapa

Saus kinca :

Daun pandan sebanyak 3 lembar, ikat simpul
Durian7 buah, buang bijinya
Gula pasir  3 sdm
Gula merah 100 gram, sisir halus
Santan encer 500 ml, dari ½ butir kelapa
Susu tawar s 250 ml
Garam halus  ½ sdt

Langkah membuat Ketan Durian Enak
Pertama olah dulu beras ketan yang akan kita gunakan. Cuci hingga bersih kemudian rendam selama 1 jam.  Cara ini untuk membuat ketan lebih pulen nantinya.
Jika sudah kukus ketan tadi selama 15 menit sampai setengah matang. Masukanlah ke wadah dan sisihkan sejenak.
Lalu, siapkan panci bersih kemudian masukan bahan seperti garam halus  santan kelapa,dan daun pandan. Masaklah pakai api sedang hingga mendidih sambil diaduk agar santan tidak pecah.  Jika santan sudah mendidih, matikan api.
Kemudian tuangkan santan yang masih panas tadi ke wadah berisi beras ketan. Aduk semua bahan hingga beras ketan terasa lebih empuk dan sedikit basah.
Kukus beras ketan tadi hingga matang sekitar 30-35 menit, jika sudah angkat dan sisihkan sejenak.
Untuk mengolah kuah kinca. Siapkan panci dan masukan semua bahan dan masak hingga larut dan mendidih.
Untuk penyajian ambil mangkuk saji lalu ambil beras ketan secukupnya di tengah mangkuk kemudian guyurkan kuah kinca di sisi mangkuk. Ketan durian siap untuk disantap

Resep yang kami bagikan ini sangat mudah, hasilnya juga sangat lezat dan bisa dinikmati bersama keluarga tercinta, jadi tunggu apalagi? Yuk segera eksekusi resepnya di rumah anda. Sebagai tips, memasak ketang harus benar-benar tanak dan lembut agar dapat menyatu sempurna dengan daging buah durian. Jangan lupa juga pilih buah durian dengan tingkat kematangan yang pas agar rasanya manis dan daging buahnya legit. Daripada menggunakan durian import yang amat mahal, anda bisa menggunakan durian lokal yang tidak kalah dengan durian import karena wanginya yang juara tetapi juga daging buahnya yang manis dan menggoda

Comments